Universitas Ma’arif Lampung Selenggarakan Prosesi Wisuda Lulusan Program Sarjana dan Pascasarjana Tahun Akademik 2023/2024

UMALA- Kelulusan yang ditandai dengan wisuda adalah saat bersejarah yang menandai akhir dari tahun-tahun kerja keras, dedikasi, dan ketekunan yang tak tergoyahkan. Dari sekian banyak mahasiswa, momen ini menjadi momen yang tak kan terlupakan di sepanjang kehidupan mereka, Ini adalah waktu di mana mimpi-mimpi mulai terwujud, dan masa depan berkilau dengan berbagai kemungkinan yang menanti, karena sejatinya wisuda merupakan gerbang menuju kehidupan yang nyata.

Universitas Ma’arif Lampung menyelenggarakan prosesi wisuda bagi lulusan program Sarjana dan Pascasarjana, Tahun akademik 2023/2024 dengan mengusung tema  “Mencetak Lulusan Profesional, Mandiri, Berdaya saing, dan Berakhlakul Karimah”. Sebanyak 393 wisudawan mengikuti proses pengukuhan di halaman Kampus Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) selasa,14 mei 2024.

Sidang terbuka ini dipimpin oleh Senat UMALA, Dr. Mispani,M.Pd.I dan dihadiri pula oleh ketua PC LP Ma’arif Kota Metro, Ismail, S.Ag,.M.M, Walikota Metro, dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), Katib PBNU, KH. Muhyidin Thohir, M.Pd.I, Koordinator Wilayah XV Lampung, Prof. H. Wan Jamaluddin Z, M.Ag, Ph.D, Ketua PWNU Lampung, Dr. H. Puji Raharjo, S.Ag.,SS., M.Hum, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., dan Sekretaris Jendral Kemenag RI, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T, Perwakilan Polres Metro, Perwakilan Koramil 0411KM segenap Civitas Akademik UMALA, para tamu undangan,wali wisudawan, kerabat serta teman wisudawan.

Dr. Mispani M.Pd.I.,Para wisudawan…, hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi wisudawan, dimana hari yang di tunggu-tunggu telah tiba, perjalanan panjang yang tak mudah dilalui, dan berapa banyak waktu yang di luangkan dimana hari ini kalian di wisuda. Karena itu, izinkanlah kami mewakili seluruh Civitas Akademik Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) mengucapkan, ”selamat”. 

Saya mengajak anda untuk jujur, amanah, dan Istiqomah dalam dunia kerja, jadilah pribadi yang berkembang dan teruslah belajar. Jadilah manusia yang berintegritas dan peduli dengan sesama, saudara harus tetap menjunjung tinggi akhlak dan menjaga nilai nilai agama”. Sebagai penutup Rektor menyampaikan semoga Civitas Akademik UMALA dapat terus berkembang dan kedepan ada tanah 2 hektar yang berada di belakang gedung yang akan dibuat untuk gedung Pascasarjana.

Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) menyampaikan “mari bekerja bersama untuk pelayanan masyarakat untuk menciptakan sumberdaya manusia yang hebat,” Tegasnya.

Dalam sambutannya, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T, mengatakan, pentingnya pendidikan dalam membangun peradaban dengan menginjeksikan tiga nilai inti yaitu memanusiakan, memartabatkan, dan memuliakan manusia. “Perolehan gelar bukan menandai berhentinya proses belajar. Berhentinya proses belajar menandai kematian hakiki dari komunitas ilmuwan,” ujarnya. Prof Ali Ramdani berharap para wisudawan dapat menjadi agen perubahan dan berkontribusi dalam membangun peradaban yang lebih baik.

“Saya berpesan, Orang yang terpelajar adalah pemilik masa lalu, tetapi orang yang terus belajar adalah pemilik masa depan. Dan itu adalah Anda semua,” tandasnya.

Sementara itu, Dr. Puji Raharjo, S. Ag., S.S., M.Hum dalam sambutannya ” menjelaskan, design thinking adalah proses berpikir kreatif dan sistematis untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan berfokus pada kebutuhan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Pendekatan ini sangat relevan di era digital sekarang, di mana kita dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

“Melalui design thinking, kalian dapat memahami dan merasakan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan begitu, solusi yang kalian ciptakan akan lebih tepat sasaran dan memberikan dampak positif yang nyata. Penerapan design thinking tidak hanya bermanfaat dalam konteks profesional, tetapi juga dalam kehidupan pribadi,” jelasnya

Terakhir penutup dengan doa yang di bawakan oleh Rais PWNU Lampung KH. Shodiqul Amin

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.