Studi Banding tentang Pengelolaan Pondok Pesantren Wisata di Pondok Pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” Bululawang-Malang

Universitas Ma’arif Lampung (UMALA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menyeleggarakan Kuliah Lapangan ke Pondok Pesantren Wisata An-Nur II “Al-Murtadlo” Bululawang-Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesantren Dr. KH. Fathul Bari, S.S., M.Ag., Dekan FTIK UMALA, Ketua Program Studi, Dosen Pendamping Kuliah Lapangan FTIK, Tour Leader, dan 266 Mahasiswa/i FTIK Universitas Ma’arif Lampung, (25/06/24).

Dr. Agus Setiawan, M.Pd., selaku Dekan FTIK UMALA dalam sambutannya menyampaikan, “harapannya setelah pulang dari pondok pesantren An-Nur, mahasiswa/i UMALA dapat mengembangkan pondoknya atau sekolahnya di tempatnya masing-masing,” ujarnya.

Kemudian Pengasuh Pondok Pesantren Dr. KH. Fathul Bari, S.S., M.Ag., dalam sambutannya juga mengatakan bahwa,
“Pondok Pesantren ini disebut Pondok Pesantren Wisata, namun tidak hanya sekedar dari tempatnya yang indah, tetapi Wisata ini adalah singkatan dari
“W” itu “Waqiah,” “I” itu “Istighosah,” “S” itu “Sholawat,” “A” itu “Asma’ul Husna,” “T” itu “Tahlil,” dan “A” itu “An-Nur.” Dan Pondok Pesantren ini berdiri pada 26 Agustus 1979 oleh Kyai Haji Moh. Badruddin Anwar yang awalnya hanya berukuran 7 x 11 meter, kini berubah menjelma menjadi sebuah pesantren indah dengan lahan yang kian meluas.”

Begitu juga yang disampaikan oleh Ustadz Anam di sela-sela materinya bahwa, “Pondok Pesantren ini juga dikenal sebagai sistem terpadu Pesantren Salaf dan Modern. Pondok pesantren ini terdapat sekolahan MI, SMP, SMA, Sekolah Tinggi Kitab Kuning (STKK) dan Ma’had Ali. Pondok ini memiliki visi “Mencetak generasi shalihin shalihat yang memiliki kedalaman spiritual dan keluasan ilmu.”

Pondok pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” dikenal dengan pesantren indah dengan bentuk bangunan dan rata tanah yang unik, lanscape berbukit. Selain itu ratusan jenis tumbuhan yang tertanam mulai dari tanaman kecil hingga yang besar menghiasi kanan kiri hingga ujung dari pesantren yang terletak di bagian selatan kota Malang. Adapun santri di pondok pesantren ini terdiri dari 6500 santri putra-putri. Pondok pesantren ini juga sangat relevan untuk menjadi destinasi wisata. Dengan bermodal keindahan pemandangan alam pesantren ditunjang dengan beberapa faktor internal dan eksternal, pondok pesantren An-Nur II “Al-Murtadlo” melaju sebagai pesantren wisata dimana tujuannya adalah agar situasi santri untuk mengkaji segala macam ranah pembelajaran lebih nyaman dan kondusif.

Adapun berbagai macam wana wisata yang ditawarkan, mulai dari miniatur rumah nabi Muhammad S.A.W, Replika cincin Nabi dengan ukuran raksasa, rumah pohon, kebun binatang santri, taman qur’ani dan spot foto dengan background mural 3 dimensi murni karya santri-santri pondok pesantren. Selain itu masih banyak lagi intrik wisata yang terdapat di pesantren Annur 2 Al Murtadlo. Mulai dari yang berbasis keindahan alam, kebudayaan, dan edukasi.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.