Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama PWNU Provinsi Lampung

Metro, IAIMNU Metro Lampung

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung mengadakan kegiatan Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan Nahdlatul Ulama Se-Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut diikuti 27 Peserta yang dihadiri oleh Khatib Syuriah PBNU yaitu KH. Muhyidin Thohir, M.Pd.I., dan dari Pelaksana Harian (Plh) Ketua PWNU Lampung yaitu Prof. Dr. KH. Alamsyah, M. Ag., serta seluruh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Se-Provinsi Lampung. Acara tersebut dilaksanakan secara langsung di AULA IAIMNU Metro lampung Jalan Raden Ajeng Kartini No. 28, Purwosari, Metro Utara, Metro, Lampung (29/5/22).

Kegiatan Sosialisasi Sistem Pengkaderan Perkumpulan NU dilaksanakan untuk menguatkan dan memberikan kepahaman landasan organisasi dan sistem kaderisasi kepada seluruh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Oleh karena itu, kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan khususnya kepada Pengurus Cabang NU di Provinsi Lampung, karena ini berkaitan dengan peraturan-peraturan perkumpulan Nahdlatul Ulama yang nantinya akan dijadikan landasan dalam berorganisasi dan sistem pengkaderan. Sehingga dengan adanya kesepahaman yang sama dalam pengkaderan akan berdampak bagaimana kapasitas seorang pengurus dan calon pengurus selanjutnya dalam meningkatkan dan menjalankan tugas-tugas Nahdlatul Ulama.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Khatib Syuriah PBNU yaitu KH. Muhyidin Thohir, M.Pd.I., menyampaikan bahwa, “Kenapa Peraturan Perkumpulan (Perkum) Kaderisasi ini perlu diselenggarakan?, karena kaderisasi Nahdlatul Ulama ini yang paling mendesak. Bahwa dilingkungan NU sudah ditetapkan sistem kaderisasi berjenjang, ada yang namanya PD-PKPNU, PMKNU, dan AKN-NU,” Ujarnya.

Bahkan untuk saat ini, seluruh pengurus NU akan menghadapi pekerjaan-pekerjaan yang sangat besar, sehingga membutuhkan personil atau aktivis yang memenuhi kualifikasi dan yang memiliki kapasitas yang cukup untuk mengerjakan tugas-tugas yang telah ditetapkan. Maka dari itu, Peraturan Perkumpulan nahdlatul Ulama perlu disosialisasikan agar nantinya dapat dijadikan acuan untuk menciptakan kader-kader militan.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua PWNU Lampung yaitu Prof. Dr. KH. Alamsyah, M. Ag., mengatakan bahwa, “yang hadir pada sosialisasi 19 Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama tentang Sistem Kaderisasi menjadi saksi, yang mana Peraturan Perkumpulan (Perkum) Nahdlatul Ulama dituangkan dalam Keputusan PBNU No:01/Perkum-NU/KONBESNU/V/2022 yang terdiri dari 14 BAB dan 26 Pasal,” tandasnya. Oleh karena itu, Pelaksanaan Kaderisasi yang akan dilaksanakan nantinya harus terlaksana oleh struktur, tidak boleh menstruktur.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.