Seminar Internasional

Selasa tgl 27 Februari 2024 Universitas Ma’arif Lampung mengadakan Seminar Internasional dengan Tema “ Ahamiyatus Sanad Fi Tathwir ‘al-Ulum wa Turast” dengan Keynote speaker Dr. Mispani, M.Pd.I selaku Rektor Universitas Ma’arif Lampung. Dengan Narasumber 1. Syekh Dr. Hisyam Kamil Hamid Musa al-Asy’ari as-Syafi’i al-Azhari (Ulama Al-Azhar Mesir); 2. Dr. Ahmad Muslimin, Lc, M.H.I selaku Narasumber ke2; dan Dr. M. Syaifullah selaku Narasumber ketiga.

Seminar ini bertujuan agar Universitas Lampung bisa dikenal di bidang akademis tidak hanya di skala Nasional namun juga maju berkembang di dunia Internasional. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari kalangan Mahasiswa dan Dosen. Dari 3 Fakultas (FKTIK), (Ushuludin) (FSHEBI) serta empat program Studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam.

Narasumber 2 selaku Warek 2 UMALA menjelaskan tentang Urgensi Sanad dalam Perkembangan Sains dan Turats. Mengutip Kyai Hasyim Asy’ari berpesan dalam mengambil suatu Ilmu  harus berpegang pada seorang Guru. Ibnu Mubarak juga berpendapat Seandainya tidak didasari sanad maka akan berkata semaunya. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh Mahasiswa Saat ini yang inginnya belajar instan maka perlu mengambil sanad baik riwayat maupun dirayah dalam belajar Ilmu. Selanjutnya dalam memahami ayat Al-Qur’an sebaiknya  dipahami tekstual dan kontekstual .

 Narasumber ke3 selaku Kaprodi PBA FKTIK menjelaskan pentingnya sanad dalam pembelajaran Turats berbahasa Arab karena pada dasarnya fungsi turats untuk memahami Al-Qur’an dan Sunnatullah.

Narasumber Inti, Syekh Dr. Hisyam Kamil Hamid Musa al-Asy’ari menyampaikan bahwa Bahasa Arab bukan hanya milik orang Arab tetapi untuk warga di seluruh dunia. Jika kita menguasai bahasa Arab maka kita akan menguasai keilmuan Agama dalam semua bidang. Ilmu yang paling utama untuk dipelajari adalah Aqidah, syari’at dan Fiqh. Selanjutnya beliau menjabarkan Buku karangan beliau Terjemah Aqidatul Awam karya Imam Ahmad Marzuqi Al-Maliki. Secara gamblang merinci ilmu tauhid mulai sifat wajib bagi Allah, sifat Jaiz dan mustahilnya. Selain itu, dijelaskan Biografi Nabi Muhammad Saw. Ditutup dengan ijazah kitab Aqidatul Awam.  Semoga kitab ini bermanfaat untuk para pelajar, santri dan masyarakat sebagai pegangan akidah Ahlussunnah wal Jamaah. Amin

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.