PMII Kota Metro Mengadakan Simposium Nasional Pelatihan Kader Lanjut

IAIMNU_ Metro Lampung

PMII merupakan organisasi Islam yang berideologi Islam Aswaja, PMII meyakini kehadirannya adalah untuk mewujudkan peran Khalifatullah fil al-ardh, meneruskan risalah kenabian dan menjadi rahmat bagi semua manusia. Dan PMII sebagai organisasi yang berazaskan Pancasila mempunyai komitmen yang utuh dan proporsional, yang diaktualisasikan melalui partisipasi dalam pembangunan watak bangsa yang berprikemanusiaan dan berkeadilan. 

Acara pembukaan Simposium Nasional Pelatihan Kader Lanjut tersebut di adakan di Aula Gedung Rektorat lantai 3 kampus IAIMNU,dan Kegiatan tersebut diikuti peserta PKL sebanyak 29 kader PMII Metro yang disampaikan langsung Ketua Mabincab PC PMII Metro H Ikhwanuddin. Juga terlihat tamu undangan senior, alumni, warga dan kader PC PMII Metro. Selain itu juga hadir Pemerintah Kota Metro dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Dra Rosita, Wakil I Ketua DPRD Basuki, Rektor IAIM NU Metro Dr Mispani, dan Tim Kaderisasi PB PMII Aji Setiawan.
Dengan mengusung tema ”Khidmat Kader Mujtahid : Ahlus Sunnah Wal jamaah dan Kedaulatan Bangsa Indonesia” PMII Cabang Kota Metro telah melakukan beberapa kegiatan. Rabu (27/07/2022).

Dalam sambutan Walikota Metro Wahdi Siradjuddin melalui Kepala Badan Kesbangpol Metro Dra Rosita, menyambut baik pelaksanaan PKL PC PMII tahun 2022. Ia berharap adanya organisasi kepemudaan ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Metro dalam mewujudkan kota berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya.

“Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh, kiranya dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khusus di Kota Metro tercinta ini,” ujarnya Rosita saat menyampaikan sambutan. Rosita turut mengungkapkan kebanggaan tersendiri kepada organisasi PC PMII Metro.

Ia yakin kader-kader PMII sangat layak menjadi pemimpin di masa yang akan datang.“Saya berdiri disini bersama kader-kader PC PMII Metro secara pribadi sangat bangga, saya yakin di masa yang akan datang, salah satu kader PMII bisa menjadi pemimpin di Kota Metro, menjadi Walikota maupun menggantikan saya sebagai Kepala Kesbangpol,” ungkapnya.“

Silahkan komunikasi atau dengan datang langsung ke Kesbangpol untuk memajukan Kota Metro melalui organisasi PMII,” tambahnya.Sementara itu, Ketua PC PMII Metro Amanda Wijaya mengamini harapan baik bahwa lahirnya pemimpin yang layak dipilih merupakan kader PMII.“Kalau semua harapan pasti kami mengaminkan, karena memang tugas kita yaitu bagaimana menyiapkan pemimpin-pemimpin di semua wilayah lah yang jelas di Kota Metro juga, jadi kita amini hal itu,” ungkapnya.
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) dr Jihan Nurlaela Chalim, mengajak kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Metro berperan dalam menjaga ketahanan nasional serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan dr Jihan Nurlaela Chalim, saat menjadi pembicaraan Simposium Nasional dan Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Metro yang diselenggarakan di Aula IAIM NU Metro, Rabu (27/7/2022).

Dalam kesempatan itu Jihan nama akrabnya, ia mengatakan, bahwa menjaga kedaulatan NKRI merupakan kewajiban seluruh masyarakat di Indonesia “Tentu sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ini harus kokoh dan solid dalam menjaga kedaulatan bangsa,” tuturnya.

Adik dari Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik itu, berpesan agar mahasiswa yang tergabung di organisasi PMII Metro tetap konsisten berperan di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, terus bergerak di tengah masyarakat membela yang benar memperjuangkan mana yang harus diperjuangkan untuk membela masyarakat,” tukasnya. Kegiatan yang berlangsung di kampus IAIM NU Metro selain Jihan, sebagai narasumber simposium nasional juga mendatangkan Ketua PW Fatayat Provinsi Lampung Wirdayati, dan juga Sekretaris PW Ansor Budi Hadi Yunanto.

Diketahui, bahwa pelaksanaan PKL PC PMII Metro dibuka langsung oleh PB PMII dalam hal tersebut diwakili Aji Setiawan, selaku Tim Kaderisasi PB PMII. Kegiatan PKL akan berlangsung selama lima hari sejak 27-31 Juli 2022 di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Kota Metro.


Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.