Meningkatkan Karya Publikasi Ilmiah Pada Jurnal Internasional.

Publikasi ilmiah merupakan kewajiban peneliti atau ilmuwan untuk mengumumkan hasil, temuan, simpulan, serta implikasi dari hasil penelitian atau telaah pada publik secara luas, bukan sekedar penghuni rak-rak perpustakaan tanpa dibaca luas oleh publik.

Kesulitan dosen maupun mahasiswa dalam publikasi ilmiah, khususnya pada jurnal internasional ditunjukkan dari rendahnya rasio jumlah publikasi dibandingkan jumlah dosen dan mahasiswa.Tujuan  kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dan mahasiswa dalam publikasi pada jurnal internasional.

Saat ini,salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut. Kinerja dosen yang selanjutnya menjadi kinerja jurusan,fakultas dan perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitasnya publikasi  para dosen tetapnya.

Tuntutan publikasi yang dilakukan komunitas akademik Perguruan Tinggi memberikan dampak  yang  cukup besar terhadap kesadaran para dosen pentingnya melakukan kajian, penelitian  serta menulis karya ilmiah. Perkembangan karya ilmiah di Indonesia relatif makin  baik, terutama sejak diberlakukannya regulasi pemerintah, yang mewajibkan mahasiswa S1, S2 hingga S3 untuk  menulis artikel di jurnal   ilmiah sebagai salah satu prasyarat kelulusan Dosen, tentunya semakin besar tuntutannya untuk aktif menulis di jurnal ilmiah baik di tingkat nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi.

Dalam hal ini LP3M kampus UMALA melakukan kajian bersama membahas tentang jurnal, kegiatan ini di hadiri dosen-dosen kampus UMALA, kegiatan ini di adakan di AULA gedung perspustakaan lantai III sabtu,18/03/2023.

Publikasi di jurnal internasional merupakan alat untuk membangun reputasi individu dosen dan universitas tempatnya mengabdi. Dengan bantuan internet, artikel yang dimuat dapat dibaca dan disitasi akademisi di dunia. Artikel yang disitasi berarti telah mengandung konten yang layak secara ilmiah  sebagai sumber kebenaran pengembangan keilmuan. Dosen yang karya ilmiahnya banyak disitasipun akan mendapatkan h-index tinggi sebagai bukti indikator pengakuan dunia akademik terhadap eksistensi dan kualitasnya.

Harapan kedepan nya,setelah melakukan kajian bersama membahas jurnal ilmiah ini,semoga  kegiatan  pelatihan mampu meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam menghasilkan artikel-artikel  berkualitas internasional dan semoga Metode pelatihan yang diberikan juga mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan  yang  dibutuhkan penulis sebagai model untuk menerbitkan artikel mereka  ke jurnal tujuan.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.