FSHEBI (Fakultas Syariah,Hukum Ekonomi,dan Bisnis Islam) Universitas Maarif Lampung studi langsung ke Mahkamah Konstitusi

UMALA_ Pada tanggal 2 Juli 2024, sebanyak 45 mahasiswa dari program studi Hukum Keluarga Islam dan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Hukum Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Maarif Lampung melakukan kunjungan edukatif ke Mahkamah Konstitusi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung kepada mahasiswa mengenai fungsi dan proses kerja Mahkamah Konstitusi dalam konteks hukum Islam dan ekonomi syariah.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas, Ibu Wiwik Damayanti, M.E.Sy, yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Ita Dwilestari, MH, serta staf Bapak Zaenal Arifin, SH. Mereka disambut oleh Bapak Abdul Basis Fuadi yang akrab disapa pak fuad yang merupakan Asisten Yang Mulia Hakim Konstitusi, yang menyambut para mahasiswa dengan hangat dan memberikan pengantar sekaligus materi dan memitivasi mahsiswa sebelum dimulai kegiatan.
Tujuan dari field trip mahasiswa ke Mahkamah Konstitusi adalah untuk memberikan mereka pengalaman langsung dan pemahaman mendalam mengenai fungsi, peran, dan proses kerja Mahkamah Konstitusi dalam konteks hukum keluarga Islam dan ekonomi syariah. Melalui kunjungan ini, mahasiswa dapat:

Pemahaman Praktis: Melihat secara langsung bagaimana Mahkamah Konstitusi menjalankan fungsi peradilan konstitusionalnya dalam menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar Negara.

Pengalaman Interaktif: Berinteraksi langsung dengan hakim dan staf Mahkamah Konstitusi untuk mendapatkan wawasan tentang proses pengambilan keputusan dan penyelesaian sengketa konstitusi.

Pengenalan Konteks Hukum: Memahami relevansi dan aplikasi hukum keluarga Islam serta ekonomi syariah dalam kerangka konstitusi Indonesia.

Pengembangan Pengetahuan: Memperdalam pemahaman tentang sejarah, perkembangan, dan tantangan dalam bidang hukum konstitusional di Indonesia.

Inspirasi dan Motivasi: Memotivasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam studi dan penelitian hukum konstitusi serta mendukung pengembangan karir profesional mereka di bidang hukum.

Dengan demikian, kunjungan ini tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan praktis tetapi juga membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya supremasi konstitusi dan peran lembaga peradilan konstitusional dalam sistem hukum Indonesia.

kunjungan mahasiswa UMALA ke MK

Kegiatan berlangsung selama kurang lebih dua jam, terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, para mahasiswa mendapatkan materi dari narasumber selama satu jam, yang memberikan wawasan mendalam mengenai konsep-konsep hukum yang relevan dengan bidang studi mereka. Sesi kedua melibatkan kunjungan ke Pusat Sejarah Konstitusi, di mana para mahasiswa dapat mempelajari secara langsung sejarah dan perkembangan konstitusi Indonesia.

Sebelum dimulainya kegiatan, dilakukan sesi foto bersama di depan gedung Mahkamah Konstitusi untuk mengabadikan momen berharga tersebut. Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dari pihak Universitas Maarif Lampung kepada Mahkamah Konstitusi sebagai tanda terima kasih atas penerimaan mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga dan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya lembaga Mahkamah Konstitusi dalam konteks hukum syariah dan ekonomi Islam.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.