Halaqoh Fiqh Peradaban Fiqih Siyasah dan Tatanan Dunia Baru

IAIMNU_Metro Lampung

Halaqoh memiliki arti yaitu tradisi diskusi yang dilakukan masyarakat pesantren, yang pesertanya duduk membentuk lingkaran. Halaqoh sendiri bermakna “lingkaran”. Tradisi Halaqoh ini sebenarnya bersumber dari Nabi  Muhammad. Dicontohkan ketika melakukan bai`ah `Aqabah Nabi duduk dikelilingi oleh para muslim awal dari Madinah (Yatsrib).

Tradisi tersebut kemudian berkembang sebagai pengajaran di masjid-masjid di dunia Islam, dengan pengajarnya adalah para sahabat yang dikirim Nabi Muhammad. Para tabi`in meneruskan tradisi ini di masjid-masjid, sehingga dikenal Halaqoh Imam Hasan al-Bashri, Halaqoh Imam asy-Syafi`i, dan lain-lain.

Dalam Hal ini PBNU mengadakan Halaqoh Fiqih Peradaban Fiqih Siyasah dan Tatanan Dunia Baru. Acara kali ini bertempat di Kota Metro, tepatnya di Aula Kampus IAIMNU Metro Lampung 05/11/22.

Dalam Acara Halaqoh ini di hadiri oleh pengurus PBNU,Kyai H.Muhyidin Thohir selaku katib PBNU,Kyai H. Zulfa Mustofa wakil Ketum PBNU, PCNU Kota Metro, PCNU Way kanan, PCNU Tulang Bawang, PCNU Lampung Barat, Para Pemuda Ansor Metro, Fatayat dan Muslimat Kota Metro, Dosen-Dosen IAIMNU, serta Guru-Guru dari tingkat RA Sampai MA. Serta Kyai Mufid Arsad selaku Pengasuh Pondok Ma’arif Kota Metro.

Dalam sambutannya.,’Kyai Mufid Arsad mengatakan,”acara ini di laksanakan di seluruh Indonesia, istilah fiqih peradaban sangat asing di telinga kita dan oleh karena itu fiqih sangat penting  ditengah-tengah peradaban dunia maka dari itu hendaknya kita mengikuti acara halaqoh ini dengan sungguh-sungguh. Dan tak lupa beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangannya dalam acara Halaqoh ini pungkas ”Pengasuh Pondok Pesantren Ma’arif Kota Metro tersebut’’.

Sambutan Pengurus PCNU Kota Metro, ‘’ hal-hal yang masih baru, dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan kita semua dapat menyerap ilmu-ilmu yang akan di sampaikan oleh para pemateri nanti . Dan dengan adanya acara Halaqoh tentunya ini menjadi wawasan kita berada di tengah-tengah masyarakat ucap ”Kyai Abdullah”.

Kyai H. Muhyidin Thohir M.Pd , ‘’mudah-mudahan  acara yang didakan ini mendapat berkah. bahwa Halaqah ini Se-indonesia ini Kerjasama dengan Kemenag RI dan PBNU, ”sepanjang sepengetahuan saya ini peserta terbanyak mudah-mudahan menjadi wasilah Halaqoh ini ”pungkasnya”.
Beliau juga  berharap peserta dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan acara Halaqoh ini bermanfaat buat kita semua yang hadir, dan bermanfaat bagi semua orang’’ ucap Katib PBNU tersebut”.

Terakhir Doa, yang dalam hal ini di pimpin oleh Kyai. Zakaria Ahmad (Mustasyar) PCNU Kota Metro.

 

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.