Fakultas Ushuluddin UMALA Jalin Kerja Sama dengan LSQ Yogyakarta

UMALA_ Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) melakukan kunjungan di Pesantren Lingkar Studi Al-Qur’an (LSQ) Ar Rohmah Yogyakarta, pada hari Jum’at, 05 Juli 2024.
Kunjungan ini merupakan realisasi dari MoU (Memorandum of Undrestanding) yang telah ditandatangani bersama sejak tahun 2022 lalu.

Pada kunjungan tersebut, dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema: “Isu-isu Kontemporer dalam Studi Al-Qur’an dan Hadis” yang disampaikan oleh Prof. Dr. KH. Abdul Mustaqim, M.Ag., Pengasuh Pesantren LSQ Ar Rohmah yang merupakan Guru Besar bidang Ulum Al-Qur’an sekaligus menjabat sebagai Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan didampingi oleh Ketua Program Studi Dr. Eka Prasetiawati, M.Ud. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UMALA Muhammad Irsad, M.Pd.I yang melakukan penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama Prof. Dr. KH. Abdul Mustaqim, M.Ag.

Dalam pemaparannya, Prof. Mustaqim menjelaskan tentang profiling Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Salah satu poin pentingnya, ia menegaskan pentingnya mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir memiliki pandangan relativitas terhadap tafsir dan menolak absolutisme tafsir, kecuali terhadap persoalan-persoalan tsawabit (persoalan prinsip, memiliki dalil mutlak dan pasti yang disepakati para ulama). Prof. Mustaqim juga memberikan masukan seputar arah pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis OBE (Outcome-Based Education).

Dalam keterangannya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Muhammad Irsad, M.Pd.I menyampaikan: “kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan update (pembaruan) isu-isu aktual dalam ruang lingkup Studi Al-Qur’an dan Tafsir. Selain itu, kegiatan berkunjung (sowan; Jawa) kepada ahli ilmu Al-Qur’an merupakan salah satu jalan menyambungkan sanad keilmuan dengan para ulama terdahulu, sehingga kegiatan ini perlu dilestarikan dan dilanjutkan pada masa yang akan datang”.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.