Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam Gelar Pelatihan Khusus Profesi Paralegal (PKPP) Periode ke III

Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Lantai III kampus Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) ini diikuti oleh 50 mahasiswa dari Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah dan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) serta dihadiri oleh Wakil Rektor 1 IAIMNU Metro Lampung, Dekan (FSEI) para Dosen Dan Kaprodi dilingkungan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam, hadir pula perwakilan dari LBH Mustika Bangsa Provinsi Lampung, Kementrian Hukum dan HAM  Kantor Wilayah Lampung dan Ombudsman Provinsi Lampung yang sekaligus bertindak sebagai pemateri dalam acara tersebut.

Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam Wiwik Damayanti, M.E.Sy selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa “diadakannnya PKPP ini mempunyai tujuan khusus yaitu untuk membekali para mahasiswa memiliki kopetensi secara keilmuan di bidang hukum serta kompetensi secara moral dengan harapan para mahasiwa mampu melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat disekitarnya baik Ketika sudah menjadi alumni maupun ketika masih menjadi mahasiswa.”

Senada dengan itu Ketua Kanwil LBH Mustika Bangsa Lampung M. Subhan Yahya, S.H, M.H., menyampaikan dalam sambutannya bahwa “kegiatan paralegal ini didasari oleh Undang-Undang No. 16 tahun 2011 yang 75% berisi tentang tehnik-tehnik pendampingan hukum baik advokat, mediasi, dan negosiasi.

Dengan kegiatan ini para mahasiswa akan dibekali dengan ilmu praktek pemberian konsultasi, pendampingan hukum dan mediasi hukum di masyarakat walaupun mereka belum selesai menjadi sarjana. Jadi para mahasiswa tidak perlu takut dan ragu dalam menghadapi problematika yang ada di masyarakat, imbuhnya.”

Acara yang dibuka secara resmi oleh wakil Rektor I UMALA Dr. Agus Setiawan, M.H.I., dalam sambutannya menjelaskan “bahwa  PKPP ini sangat penting bagi calon sarjana hukum agar memiliki kompetensi hukum yang profesional dan memiliki attitude moral yang baik, sesuai dengan prinsip – prinsip Mabadi Khaira Ummah yaitu Ash-Sidqu (kejujuran) bukan pembohong, Al-Amanah (terpercaya) tidak boleh khianat, At-Ta’awun (berkolaborasi) tidak egois, Al-‘Adalah (adil) tidak dholim dan yang terakhir Al-Istiqomah (konsisten) jangan plin plan pungkasnya.”

Acara PKPP ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 21-22 Januari 2023.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.