Empat Dosen IAIMNU Metro Lampung ikuti Training of Trainer (ToT) Fasilitator Daerah Tingkat SD Program Organisasi Penggerak LP Ma’arif NU

Empat dosen Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung mengikuti Training of Trainer (ToT) Fasilitator Daerah Tingkat SD Program Organisasi Penggerak LP Ma’arif NU Zona Jawa Barat dan Lampung di Bandung, 29-31 Juli 2022. Dosen dosen teresebut antara lain Masrurotul Mahmudah, M.Pd.I (PGMI); Hanif Amrulloh ZA, M.Si. (PGMI); Nurul Aisyah, M.Pd.I (PGMI); dan Dian Rizki Amalia, M.Pd.I (PBA). Tiga dosen sebagai Fasilitator Daerah Kota Metro antara lain Masrurotul Mahmudah; Dian Rizki Amalia; dan Hanif Amrulloh bersama Sri Wahyuni, sedangkan Nurul Aisyah sebagai fasilitator daerah kabupaten Lampung Tengah.

Kegiatan ToT ini adalah rangkaian kegiatan ToT terakhir yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif PBNU yang sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yang sama di Yogyakarta (Zona Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta) dan Makasar (Zona Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur) sebagai persiapan awal dan membekali para fasilitator sebelum nanti bertugas di lapangan.

Hadir membuka kegitan, sekretaris LP Ma’arif NU PBNU Drs Harianto Oghie, wakil ketua LP Ma’arif NU PBNU Dr. Yanto Basri, M.A dan Dr. Irfan Nabhani, M.A, direktur POP SD LP Ma’arif NU PBNU Dr. Suwandi, M.Pd., dan Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Barat Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd. Mewakili ketua LP Ma’arif NU PBNU, Dr. Irfan Nabhani, M.A dalam sambutannya. Fasilitator daerah memiliki tugas untuk menjauhkan anak didik dari kemunafikan intelektual, dan harus mampu terampil menjadi trainer literasi-nunerasi. Lebih jauh beliau mengatakan, bahwa saat ini banyak orang yang pandai memahami dan memaknai teks yang tertulis, namun tidak paham memaknai yang tidak tertulis. “Jadi yang tidak tertulis adalah atitude, yakni sikap, perilaku yang perlu dipahami dan diwariskan pada siswa demi terwujudnya penguatan karakter generasi-generasi penerus bangsa”. Lebih lanjut, para fasda LP Ma’arif ini diharapkan bukan hanya terampil sebagai fasilitator literasi dan numerasi, terapi harus bisa menjadi fasilitator dalam menguatkan nilai-nilai aswaja dan kebangsaan.

Ditemui sebelum keberangkatan, Masrurotul Mahmudah, M.Pd.I yang juga selaku kepala Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIMNU Metro Lampung, menyambut baik kehiatan ini. “Ini adalah kegiatan yang kami tunggu-tunggu, karena setelah ditetapkan sebagai Fasilitator Daerah per November 2021 sampai terbitnya surat undangan ToT ini kami belum tahu apa yang harus kami lakukan dan kami persiapkan. Ini adalah kegiatan pertama para fasda semenjak dikeluarkan SK pengangkatan fasda POP SD LP Ma’arif NU. Saya berharap dengan ToT ini kami bisa jelas mengetahui tugas dan tagung jawab kami, dan siap menjadi fasilitator di sekolah SD yang telah dipilih menjadi mitra POP LP Ma’arif NU.

Kegiatan ToT ini dilaksanakan di Hotel Arion Suite Hotel Bandung Jl. Otto Iskandar Dinata Pasir Kaliki Kota Bandung. Diikuti 43 Peserta yang terdiri dari 28 peserta perwakilan Jawa Barat dan 15 peserta perwakilan Lampung. Selama tiga hari para peserta akan menjalani pelatihan literasi dan numerasi.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.