Asesmen Lapangan Pascasarjana Program Studi Magister Ekonomi Syariah Universitas Ma’arif Lampung

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Adapun tujuan akreditasi tersebut adalah melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi. Asesmen kecukupan dan asesmen lapangan dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah (ES) Pascasarjana Universitas Ma’arif Lampung oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) sedang berlangsung dengan khidmat pada hari kedua ini, Selasa (23/04/2024) di GSG kampus UMALA. Pada kegiatan Asesmen Lapangan kali ini dilakukan oleh dua orang asesor, yaitu: Prof. Dr. Haryono Umar, AK., Msc., CA., CPAM. (Asesor LAMEMBA, Dosen Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas ) Dr. Aas Nurasyiah, M.Si. (Asesor LAMEMBA, Dosen Universitas Pendidikan Indonesia).

Pada kesempatan yang sangat penting ini, Rektor juga berharap agar para pengelola Pascasarjana khususnya pengelola program studi konsisten terhadap aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini ketentuan-ketentuan UMALA dalam meraih predikat-predikat yang telah ditetapkan. “Sebagai bentuk tanggung jawab kepada mahasiswa yang kita hantarkan dengan slogan Unggul, berwawasan global dan berkarakter Islam Ahlussunah Wal Jama’ah An Nahdliyah setelah lulus menjadi sebuah ukuran/mekanisme. Dimana mahasiswa setelah lulus mampu membuka dan memodali ruang-ruang kosong menjadi lapangan pekerjaan baru sesuai bidang keilmuan yang mereka miliki tentang ekonomi syariah”, harap Dr. Mispani.

Terkait dengan hasil akhir asesmen lapangan Magister ES yang akan didapat, kami berharap mendapatkan peringkat baik sekali atau bahkan bisa mendapatkan peringkat unggul. “Tentu harapan kami terkait hasil AL kali ini semoga sesuai dengan harapan atau cita-cita kami yaitu bisa baik sekali atau bahkan melampaui”, tegas Rektor.

Sementara itu asesor LAMEMBA yang diwakili oleh Prof. Haryono Umar, merespon harapan Rektor terkait hasil AL ini, menjelaskan “bahwa instrument LAMEMBA ini adalah instrumen yang sifatnya kualitatif, mengikuti akreditasi internasional, meskipun demikian ada perhitungan-perhitungan kuantitatif untuk menilai peringkat akreditasi misalnya karya mahasiswa dan dosen, visitasi dosen juga sangat penting yang akan ikut menentukan apakah nanti akan mendapatkan hasil baik, baik sekali atau bahkan melampaui seperti yang disampaikan oleh pak Rektor”, sambung Prof. Haryono Umar.

“Jadi ada dua dasar yang dijadikan rujukan yaitu standar nasional pendidikan tinggi dan standar perguruan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi, keduanya itu berasal dari Renstra Institusi, PPS dan Program Studi. Jadi apakah renstra tersebut sudah tercapai atau bahkan melampaui standar nasional Pendidikan tinggi dan standar perguruan tinggi yang telah ditetapkan”, tambah Asesor I LAMEMBA Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas.

Di akhir sambutannya Prof. Haryono Umar. menambahkan agar pengelola program studi bisa memberikan atau menambah data baru disertai dengan bukti yang sejelas-jelasnya sehingga bisa menambah laporan yang akan dipanelkan kembali ketika sudah selesai asesmen lapangan.

Kegiatan pembukaan pada hari ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Wakil Rektor II Dr. Ahmad Muslimin, Lc., M.H.I. dengan harapan asesmen lapangan ini berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Share:

More Posts

Send Us A Message

Ayo Segera Bergabung Bersama Kami

Menjadi Generasi Unggul Dimasa Depan

Copyright © 2023 Umala. All rights reserved.